Wonderful Bogor #Leuwi Hhejo,ANTI MAINSTREAM TRAVELLING.1 DAY TRIP WATERFALL AND RICE VILLAGE

Curug Leuwi Hejo is a naturally formed waterfall located in Sentul, Bogor, just an hour drive from Bogor city center. It was opened to tourists just a couple of years ago and have become a popular travel destination with the help of social media. Curug Leuwi Hejo is a Sundanese language which means waterfall with green basin (curug = waterfall, leuwi = basin, hejo = green), because you’ll see that the water there has blue and green color.
A couple of months back, going here was not as pleasant as it is now. It’s due to the overly many “fee” that has to be paid at multiple checkpoints (it was collected by unorganized community) . Fortunately, after a lot of feedback, things were changed and reorganized. When I visit the waterfall, we only paid once at the entrance gate (see photos below), which was a great improvement! Tourists now can easily come here to spend their day and have an exciting experience.
HOW DO I GET THERE?
Unfortunately, there’s only one way to get here, that’s by bringing your car or motorcycle. The public transport is non-existent here. So you either bring your own or rent one. Click here to get the direction.OR CONTACT MY WA NUMBER +62812 1977 3549
REVIEW

Ngomongin kota kecil di selatan Jakarta ini pasti nggak ada habisnya. Selain terkenal dengan julukan kota hujan, Bogor juga terkenal sebagai 'gudang' kuliner dan destinasi tempat wisata. Jadi nggak heran, kendaraan dengan nomor plat B akan mendominasi pada saat weekend
Kamu tentu sudah nggak asing lagi bukan dengan daerah Puncak? Wilayah dataran tinggi

berhawa sejuk ini memang sudah terkenal dengan keasriannya sejak jaman kolonial dan dijadikan sebagai salah satu kota peristirahatan. Memiliki landscape yang hijau memberikan suasana segar bagi traveller yang berkunjung ke daerah Bogor. Kalo sudah hari Sabtu-Minggu, wilayah Puncak rapeeet bro. Sampe Polisi bikin aturan buka-tutup jalan, untuk meminamlisir kemacetan.
Eits.. Sebenernya saya bukan mau cerita panjang lebar tentang Puncak-nya sih. Buat kamu agaknya sudah mulai bosan main ke daerah Puncak coba deh sekali-sekali melipir ke daerah Sentul, Bogor. Yup.. Daerah Sentul juga punya banyak destinasi wisata kok, seperti Jungle Land, Curug Bidadari, Hutan Pinus Gunung Pancar, dan Curug Leuwi Hejo salah satunya. Buat kamu yang mau liburan suasana alam yang murah meriah & jaraknya nggak terlalu jauh wajib deh kulik daerah Sentul.

Nah.. Kali ini saya mau sharing pengalaman saya pas keluyuran ke Curug Leuwi Hejo. Berawal dari postingan salah satu teman di social media, awalnya sih memang nggak excited sama air terjun berwarna hijau ini. Tapi setelah melihat satu demi satu foto yang diunggahnya semakin buat saya penasaran akan keindahan curug ini.

Nggak butuh waktu yang lama, saya pun langsung melakukan penelusuran via mbah google  mengenai informasi curug yang tengah naik daun ini, mulai dari transportasinya, biaya masuknya, rute & akses menuju ke curug ini.
Dari lokasi meeting point (Bojongsari) kamu bisa langsung ambil arah ke daerah Parung, setelah melewati underpass yang mau mengarah ke Botani Square nanti kamu akan bertemu dengan perempatan lampu merah (lurus: jalan tol, kanan: Botani Square, kiri: Cibinong). Yap, kamu ambil yang ke kiri arah Cibinong. Jangan sampe kebablasan ya gaes, sesekali sambil baca petunjuk jalannya karena kamu harus ambil jalan ke daerah Sentul. Terus aja kamu ikutin jalannya, sampai nanti ada petunjuk ke arah Babakan Madang (kalau sampai sini sudah terlihat plang tersebut artinya kamu nggak nyasar, Hehehe..). Kondisi jalannya kurang bagus dan berdebu, so.. jangan lupa pakai masker. Lalu, ikutin aja jalannya sampai ke Sentul City (arah Jungle Land, ini jalannya sudah bagus kok)
Patokannya adalah pintu masuk Jungle Land, kamu jangan lurus terus ya ada belokan ke kanan masuk ke arah perkampungan gitu dan perjalanan mulai menanjak. Ikutin aja jalannya sampai ketemu dengan pertigaann (ke kiri: Curug Leuwi Hejo, kanan : Wisala Hutan Pinus Gn. Pancar). Dari situ kurang lebih masih 3 km lagi untuk sampai ke Curug Leuwi Hejo dan jalanannya naik turun tapi makin kesana jalannya kurang bagus. Nggak recomended kalau kamu bawa mobil karena setelah melewati jembatan kayu ada tanjakan yang tinggi dan kontur jalannya rusak. Pas kemarin kita kesana pun ada mobil avanza yang hampir mundur karena ngga kuat nanjak. Tipsnya buat yang bawa motor wajib prepare minimal cek kampas rem, tekanan ban