Wonderful Bogor #Curug Putri Kencana

Melalui jalanan Raya Babakan Madang terus menanjak dengan telaten, melewati pintu masuk Jungle Land terus keatas.

Selepas pertigaan kanan ke gunung pancar dan kiri ke Curug Putri Kencana, suasana pemandangan berubah banyak, sawah berundak, lembah, sungai berbatu batu dan hutan lindung lebat tidak jauh dari pandangan mata.
Melewati beberapa pin

tu masuk ke leuwi dan curug2 lain : curug leuwiasih, curug kalimata, kawah merah, dll. Kalau ada waktu silahkan mampir, saya lanjut terus sesuai misi yang diemban.
Tidak tahu berapa tanjakan penguras napas dan tenaga terlewati, kemudian menurun curam menuju jembatan di lembah. Sesampai di lembah kita berhenti dulu… bukan untuk menikmati pemandangan tapi untuk sejenak menarik napas bersiap siap menanjak kembali ke atas melewati tanjakan terngehe di daerah ini.
Ditanjakan ini pikiran fokus konsentrasi … hanya memikirkan kapan tanjakan ini berakhir … tidak terpecah oleh hutang ataupun tagihan yang belum terbayar … Om Adi dengan gahar langsung melesat.
Saya merayap dan.. yeayy.. sampai juga ke atas … girang banget apalagi jarak sudah dekat 1 km-an lagi.
Disatu titik kita belok kanan ke jalanan semen dan menanjak keatas melalui rumah2 penduduk melewati parkiran mobil. Mobil yang mau ke curug parkir disini, jalanan mengecil dan masih melewati rumah penduduk kemudian menuruni lembah hijau dan terlihat ada bendungan dari aliran sungai Sadon di bawah lembah.
Sungai Sadon inilah yang mengairi curug Putri Kencana. Perjalanan dilanjutkan menyusuri tebing hutan, sampailah di loket bayar 15 ribu perorang. Tak jauh dari loket ada curug Cikujang, kita mampir dulu sejenak. Lanjut lagi menanjak ke atas dan jam 10-an sampailah diparkiran motor terakhir. Dari parkir mobil ke parkir motor ini kurang lebih 700 m.
Disini ada warung2 yang tertata dengan rapih .. enak dilihatnya. Di dekat parkir motor ini sudah ada leuwi yang begitu menggoda … airnya jernih dan bening, namanya leuwi Pariuk yang memiliki kedalaman sampai 2 m. Ada persewaan kasur apung untuk bermain main di air.
Disini juga sudah ada villa ditepi sungai yang disewakan 1,5 juta permalam saat weekend dan ada juga kamar2 dengan rate 350 rb/malam dengan toilet disediakan diluar, area camping juga ada, atau mau nginep lebih murah lagi bisa di bale2 warung.. jadi kalau mau bermalam banyak pilihannya, area wisata ini buka 24 jam.
Setelah makan indomie, sepeda saya titipkan diwarung, untuk menuju curug harus melanjutkan jalan kaki +-10 menitan. Melalui jalanan setapak dan melalui leuwi Asmara lalu leuwi Demang dan sampailah di area curug Putri Kencana. Disinipun sudah banyak warung dan toilet2 yang tertata rapi. Ada juga gazebo2 yang disewakan 30 ribu. Dibagian atas curug Putri Kencana ada leuwi Cibaliung.
Banyak spot untuk bermain main air ; mau berendam rendam saja bisa, mau berenang renang bisa atau mau lompat lompat dari batu juga bisa. Tempat lompat tertinggi adalah di area curug Putri Kencana ada yang mencapai ketinggian +- 8 meteran dengan kedalaman air sampai 7 meteran .. cocok untuk uji nyali ðŸ™‚
Yang jelas airnya bersih dan jernih … juga dingin dan segerrr … sangat asyikkk untuk bermain main air di sungai.

https://www.youtube.com/channel/UCGEtC85V9Rs7zo2NIdaakBw
Good Luck
Text by bersapedahan.wordpress.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Situ Tonjong, Riwayatmu kini

Pengalaman adventure dan pesona keindahan kebun teh Cianten,Bogor,

Huma diatas Bukit